Membuat project baru dan menggunakan script di UNITY
NIM : 1811500618
Nama : Adhitia Lukmana
Tugas Pertemuan 2 Pemrograman Permainan
Website Universitas Budi Luhur : UBL
Klik New untuk membuat project baru, isian nama project name, misalnya “Belajar Unity”, tentukan tempat penyimpanan project pada location, dan tentukan pembuatan project 2D atau 3D pada templates. Selanjutnya klik tombol Create Project.
Interface Unity:
Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya.
Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene.
Scene Window digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game.
Game View digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
Project Window digunakan untuk menampilkan daftar assets yang dapat digunakan dalam project Anda.
Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.
Membuat Folder pada Assets
Untuk membuat folder, bisa dengan beberapa cara, salah satunya:
klik kanan pada Assets, pilih Create -> Folder, lalu beri nama folder.
Misalnya buatlah folder Scripts.
Membuat Script
Untuk membuat file script, bisa dengan beberapa cara, salah satunya:
klik kanan pada folder Scripts, pilih Create -> C# Scripts, lalu beri nama file.
Misalnya buatlah file HelloWorld.cs
Pastikan nama Class sesuai dengan nama File
Menambahkan Editor
Untuk menghubungkan editor file ke Unity3D terdapat pada menu Edit -> Preferences -> External Tools -> Browse…
Membuat Script (con’t)
Secara default, pada script yang baru ini akan tampil 2 buah prosedur, yaitu:
Start()
Prosedur ini akan dipanggil satu kali di awal, pada saat script pertama kali di-enable. Prosedur ini sesuai untuk inisialisasi.
Update()
Prosedur ini dipanggil pada setiap frame, apabila script di-enable. Prosedur ini sesuai untuk bagian script yang dieksekusi berulang-ulang.
Menggunakan Script
Drag and drop script HelloWorld.cs ke GameObject Main Camera di jendela Hierarchy.
Pastikan script HelloWorld.cs telah masuk ke GameObject MainCamera dan menjadi komponen baru bagi MainCamera dengan melihat Inspector.
Komentar
Posting Komentar